BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pisang
(Musa paradisiacal L.) merupakan
tanaman buah tropis beriklim basah dengan curah hujan yang merata sepanjang
tahun. Tanaman ini cukup populer dikalangan masyarakat kita dan hampir setiap
orang memakannya.
Bonggol
pisang biasanya hanya dibiarkan membusuk, karena tidak memiliki nilai jual.
Namun kini bonggol pisang dapat diolah menjadi keripik renyah dan gurih.
Keripik
bonggol pisang dengan aneka rasa bisa menjadi peluang bisnis yang cukup tinggi
jika diolah dengan benar dan dipasarkan secara tepat. Potensi pasar yang luas
dan ketersediaan jumlah bahan baku yang melimpah yang ada di masyarakat akan
menjadi nilai tambah bonggol pisang. Oleh karena itu hendaknya dimanfaatkan
oleh pengusaha kecil dan petani tanaman pisang guna menambah pendapatan dan
menjadikan keripik ini menjadi kuliner khas.
Tetapi tidak semua jenis bonggol pisang enak
untuk dibuat keripik. Beberapa jenis bonggol pisang yang digunakan adalah yang
berasal dari pisang kepok, pisang raja, dan pisang khlutuk. Keistimewaannya
tekstur keripik ini rasanya renyah dan tidak terasa pahit. Apalagi bonggol
pisang dipercaya mengandung serat sehingga bisa memperlancar pencernaan.
Di
zaman yang serba mahal,terutama kebutuhan pokok seperti beras, gandum, pati, maizena(
jagung ) maka kita harus dapat mencari solusi untuk mengantisipasinya, sehingga
kita tidak semakin kesulitan dalam mempertahankan hidup, terutama dalam
pemenuhan kebutuhan akan makanan.Wilayah Indonesia merupakan wilayah yang
sangat subur, diibaratkan tongkat dan kayu dapat menjadi tanaman. Pisang yang kita kenal selama ini
yang di manfaatkan sebagai bahan makanan hanya buahnya saja, padahal selain
buahnya bonggolnya pun dapat di gunakan sebagai bahan baku pembuatan makanan
yaitu keripik.
B.
Rumusan Visi Misi Usaha
1.
Visi
Usaha
Menjadikan produksi keripik bonggol pisang sebagai usaha kecil
menengah yang diminati masyarakat serta agar mendapatkan keuntungan yang
maksimal.
2.
Misi
Usaha
a.
Proses produksi yang higienis baik dari tempat,
alat dan bahan-bahan yang digunakan.
b.
Menerapkan pelayanan prima (sikap yang sopan
dan ramah, pelayanan yang cepat dan baik).
c.
Menjaga cita rasa makanan.
d.
Dengan rasa yang khas dan harga yang terjangkau
diharapkan memuaskan konsumen.
e.
Memperkenalkan keripik bonggol pisang kepada
masyarakat.
C.
Tujuan Usaha
Adapun beberapa tujuan dalam usaha Keripik
Bonggol Pisang ini adalah :
- Meningkatkan taraf hidup menjadi lebih baik untuk memperoleh keuntungan.
- Untuk menerapkan jiwa berwirausaha.
- Melatih kemandirian.
D.
Manfaat Usaha
1.
Mampu memenuhi kebutuhan dan selera konsumen.
- Meningkatkan pendapatan dan memperoleh keuntungan.
- Memaksimalkan pemanfaatan tanaman pisang.
- Mampu mengoptimalkan sumber daya alam yang ada disekitar rumah.
- Menciptakan bidang usaha yang inovatif.
BAB
II
RINGKASAN
BISNIS
A.
Profil Badan Usaha
NAMA USAHA :
BUKAK SITIK JOSSSS…!!!!
BENTUK :
HOME INDUSTRI
JENIS : INDUSTRI
KECIL
NAMA PEMILIK : NOR YATIMAH DAN
NUR WULAN INTAN PALUPI
ALAMAT : JLN RAYA KELET
NO.95, KELING, JEPARA
B.
Deskripsi Usaha
Usaha yang akan kami mulai adalah
usaha yang bergerak dalam bidang pengolahan makanan (industry kecil) yang
memanfaatkan bonggol pisang yang menjadi hidangan masakan yang nikmat, bergizi, berselara
tinggi dan sehat untuk metabolisme tubuh. Hampir semua bagian tanaman pisang memiliki
nilai guna dalam kehidupan sehari-hari. Bagian utama dari tanaman pisang yang
memiliki nilai sangat tinggi adalah buah pisang. Tingginya permintaan pasar
akan hasil olahan buah pisang ternyata menyisakan sekelumit masalah yaitu
limbah, seperti kulit pisang, Bunga (jantung pisang), dan bonggol.
Limbah
tanaman pisang tersebut mampu diolah menjadi berbagai produk yang mampu
meningkatkan nilai guna dan nilai ekonomisnya. Bonggol pisang bisa diolah
menjadi keripik maupun kerupuk tidak hanya enak dikonsumsi, tapi juga
mengandung serat tinggi, sehingga dapat memperlancar pencernaan dan mengurangi
sembelit. Peluang pasarnyapun terbuka lebar karena produk ini masih jarang
dipasaran, apalagi bahan baku berupa bonggol pisang tersedia dalam jumlah
banyak mengingat populasi tanaman pisang yang cukup berlimpah dan selama ini
tidak dimanfaatkan. Selain itu penyediaan bonggol pisang sebagai bahan dasar
keripik mempunyai prospek yang cukup baik untuk meningkatkan pendapatan.
Berdasarkan penelitian, keripik bonggol pisang ini mengandung karbohidrat sebesar
10% dan kandungan seratnya mencapai 40%.
BAB
III
PEMBAHASAN
A.
Aspek Produk
1.
Jenis
Produk
Usaha ini akan memproduksi dan menjual keripik bonggol pisang bahan
bakunya adalah bonggol pisang. Produk yang dihasilkan dapat beraneka rasa
sesuai dengan permintaan konsumen yang dikemas dengan menggunakan kantong
plastik. Tetapi untuk produksi awal ini produsen hanya focus pada rasa original
saja. Namun tidak menutup kemungkinan fariasi rasa akan tercipta seiring dengan
permintaan konsumen.
2.
Jumlah
Produk
Rata-rata setiap minggunya dibuat 250 kemasan dan satu kemasan
memiliki berat 100 gram. dalam sebulan yaitu 4 minggu dapat memproduksi kurang
lebih 1000 kemasan.
3.
Waktu
Produksi
Kegiatan produksi dilakukan setiap dua kali dalam seminggu, yaitu
pada hari senin dan jumat.
4.
Jumlah
Tenaga Kerja
Dikerjakan dua orang yang telah bergabung dalam kegiatan bisnis
ini, mereka sekaligus bertindak sebagai pembuat dan penjual.
5.
Proses
Produksi
Cara membuat kripik bonggol pisang:
a.
Bonggol pisang diiris tipis, kemudian
dibersihkan.
b.
Irisan bonggol pisang ditaburi garam dan
dibiarkan sampai bonggol pisang menjadi tidak kaku.
c.
Dicuci dengan air sampai bersih kemudian
dikeringkan.
d.
Buat adonan kulitnya dengan mencampur bumbu
yang sudah dihaluskan, 3 gelas santan, ¼ kg tepung beras, putih telur, sedikit
tepung kanji dan perenyah kue.
e.
Celupkan irisan bonggol pisang dalam adonan
lalu goreng sampai kering. Agar hasilnya maksimal, penggorengan dilakukan 2
kali yakni digoreng dulu setengah matang kemudian didiamkan semalam barulah
digoreng lagi.
f.
Setelah kering, kemas dalam kantong plastik.
6.
Keunggulan
Produk
Bonggol pisang adalah salah satu bahan makanan yang bisa dikonsumsi
manusia. Bonggol pisang mengandung energi sebesar 43 kilokalori, protein 0,6
gram, karbohidrat 11,6 gram, lemak 0 gram, kalsium 15 miligram, fosfor 60
miligram, dan zat besi 1 miligram. Selain itu di dalam bonggol pisang juga
terkandung vitamin A, vitamin B1 0,01 miligram dan vitamin C 12 miligram. Hasil
tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram bonggol pisang,
dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %. Sehingga produk kripik bonggol
pisang layak menjadi cemilan yang sehat faforit anda.
B.
Aspek Pemasaran
1.
Segmen
Pasar
Segmentasi pasar adalah proses
pembagian pasar kedalam subset pelanggan dengan kebutuhan yang sama dan
mempunyai cirri-ciri yang dapat diarahkan atas tanggapan mereka sehingga dapat
dilakukan cara-cara yang sama bagi produk tertentu yang ditawarkan termasuk
program marketingnya. Segmentasi secara demografis dikalangan menengah kebawah
bisa kami pasarkan produk keripik bonggol pisang dengan kemasan yang lebih
ekonomis. Kemudian jika dikalangan menengah keatas produk yang kami pasarkan
cenderung mengarah ke variatif rasa. Target konsumen adalah masyarakat di
daerah sekitar dari semua golongan baik usia muda maupun tua.
2.
Pemasaran
Dalam
penjualan dan pemasaran produk ini, ada beberapa strategi yang digunakan yaitu
:
a. Menetapkan
harga yang relative murah agar semua masyarakat dapat menjangkau harganya.
b. Tempat
penjualan yang strategis.
c.
Melakukan pelayanan yang terbaik yaitu dengan
menerapkan pelayanan prima, sopan dan ramah.
d. Memenuhi
kepuasan dan permintaan konsumen.
e.
Memberika service quality yang terbaik misalnya;
dalam aspek responsiveness yaitu kemauan membantu pelanggan dan memberikan
layanan cepat. Aspek ini kami sediakan untuk konsumen yang memiliki kesibukan
tinggi dengan menyediakan layanan antar.
3.
Promosi
a.
Dengan memasang papan nama di depan tempat
usaha.
b.
Dari mulut ke mulut yang dilakukan oleh
konsumen yang pernah mengkonsumsi.
c.
Promosi melalui media sosial.
d.
Mengikuti kegiatan-kegiatan bazaar makanan atau
promosi ukm.
e.
Memasang
sepanduk-sepanduk dipinggir jalan.
f.
Sales
promotion, dengan menawarkan didaerah-daerah tertentu.
4.
Sistem
Distribusi
Sistem
distribus yang digunakan dalam penjualan produk ini adalah langsung (lewat
pengecer ataupun datang langsung ketempat produksi) dan menerima pesanan lewat
telepon ataupun sosial media.
BAB IV
ANALISIS
SWOT
A. Strenght (Kekuatan)
1. Harga keripik bonggol pisang ini cukup terjangkau
oleh kalangan masyarakat
2. Kualitas dari keripik bonggol pisang ini sangat
terjamin, karena dalam proses pembuatannya diutamakan kebersihan dan untuk
kesehatan.
3. Keripik bonggol pisang ini mempunyai rasa yang
gurih dan enak
4.
Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat
keripik bonggol pisang tanpa menggunakan pengawet makanan.
B.
Weakness
(Kelemahan)
1. Bahan baku keripik pisang yang mudah rusak.
2. Keripik pisang akan mudah rusak jika penyimpanan
yang dilakukan sembarangan atau ditumpuk.
3. Kurangnya pengetahuan konsumen tentang olahan
bonggol pisang.
C. Opportunity
(Peluang)
1.
Kondisi masyarakat yang semakin konsumtif sehingga mempermudah kami untuk
memasarkan produk.
2.
Dengan bahan baku yang masih jarang
dimanfaatkan menjadikan usaha ini sangat menjanjikan.
D.
Threat
(Ancaman)
1.
Munculnya produsen- produsen baru yang sejenis yang
berusaha menyaingi perusahaan kami, dengan beraneka ragam promosi diskon
2.
Harga bahan baku yang sewaktu-waktu bisa naik
dapat menyebabkan kenaikan harga keripik bonggol pisang yang mungkin dapat
mengurangi pembeli.
BAB
V
PERENCANAAN
KEUANGAN
A.
Biaya Tetap (Fixed Cost)
Peralatan Penggorengan
|
Rp. 700.000,-
|
Kompor Gas 1 unit
|
Rp. 600.000,-
|
Blender 1 unit
|
Rp. 400.000,-
|
Peralatan memasak lainnya
|
Rp. 200.000,-
|
Mesin Pengemas
|
Rp. 500.000,-
|
Pembuatan Benner
|
Rp. 50.000,-
|
Listrik, air, dll.
|
Rp. 150.000,-
|
Total
|
Rp. 2.600.000,-
|
B.
Biaya Variabel (Variabel Cost) per Bulan
Bonggol Pisang
|
Rp. 200.000,-
|
Tepung Beras
|
Rp. 100.000,-
|
Tepung Kanji
|
Rp. 175.000,-
|
Santan Kelapa
|
Rp. 100.000,-
|
Garam
|
Rp. 50.000,-
|
Perenyah kue
|
Rp. 75.000,-
|
Minyak Goreng
|
Rp. 250.000,-
|
Bumbu Dapur
|
Rp. 80.000,-
|
Telur Ayam
|
Rp. 200.000,-
|
Gas
|
Rp. 150.000,-
|
Plastik untuk Pengepakan
|
Rp. 150.000,-
|
Total
|
Rp. 1.530.000,-
|
C.
Total Biaya (Total Cost)
TC = TFC + TVC
TC = Rp. 2.600.000,- + Rp. 1.530.000,-
TC =
Rp. 4.130.000,-
D.
Perhitungan harga
Harga
Pokok/Biaya
Variabel =
Rp. 1.530.000,-
Harga per
Porsi
= Rp. 1.530.000,- / 1000
= Rp 1.530,- ≈ Rp 2.000,-
Laba
yang diinginkan = Rp 5.000.- ─ Rp 2.000,- =
Rp 3.000,-
E.
Pendapatan
Target penjualan keripik per hari adalah 35
kemasan. Waktu berjualan Senin-Minggu. Atau dalam sebulan menjual 1000 kemasan.
Pendapatan
Harian = Rp 5.000,- x 35 = Rp 175.000,-
Pendapatan
Bulanan = Rp 5.000,- x 1000 = Rp 5.000.000,-
F.
Analisis Titik Impas (Break-Event Point)
BEP = Biaya
Tetap = Rp. 4.130.000,- = 1376
Profit
Rp 3.000,-
Berarti akan
BEP dalam = 1376/1000 = 1.376 bulan
BAB VI
PENUTUP
E.
Antisipasi Masa Depan
Sebagai wirausahawan yang
baik, kami tidak akan membiarkan usaha ini berjalan secara mendatar. Kami akan
terus mencoba memperbaiki kualitas pekerjaan kami, agar para peminat atau
konsumen puas atas pelayanan dan citarasa keripik yang kami buat. Karena
apabila kualitas keripik kami tidak kami tingkatkan kemungkinan besar
usaha ini tidak akan maju dan terancam bangkrut. Inovatif rasa serta kualitas
senantiasa kami tingkatkan untuk menciptakan service quality yang memuaskan
konsumen.
F.
Kesimpulan
Menurut kami usaha ini
dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan. Kami sangat yakin bahwa usaha
ini akan maju dan terus berkembang karena dilakukan oleh orang–orang yang
mempunyai kualitas dalam menjalankan setiap pekerjaan. Kami sadar bahwa usaha
ini tak akan langsung berkembang pesat tapi kami akan terus berjuang untuk
terus menjalankan dan mengembangkan usaha ini.
permisi numpang promo yah,
BalasHapusAgen Casino Terbesar di Indonesia !
VAZBET - Agen SBO Casino
Menyediakan Promo tahun baru 2019!
- Untuk new member Deposit minimal 50.000 dapat bonus 20%!
- Sedang kurang hoki? kami berikan cashback sebesar 5% dari total kekalahan mingguan !
(min total kekalahan 500rb)
- Bonus next deposit 5% dengan minimal deposit 50rb !
WA: +855 878 795 20
Website: WWW . VAZBETGAME . COM
wah baru tahu nih kak untuk bonggol pisang jadi keripik,klo misal dikasih varian pedas kayak <a href="https://anekakeripikpedas.com>keripik pedas </a>gitu bisa gak ya
BalasHapuswah baru tahu nih kak untuk bonggol pisang jadi keripik,klo misal dikasih varian pedas kayak keripik pedas gitu bisa gak ya
BalasHapus